Jurnalisme Umpan Klik - Versi Baru Jurnalisme Koran Kuning

Jurnalisme Umpan Klik - Versi Baru Jurnalisme Koran Kuning
MEDIA Online atau situs berita amatir tidak berpihak kepada pembaca. Media-media ini membuat berita bukan untuk memberi informasi, tapi agar halaman situsnya dibuka atau dikunjungi.
   
Situs-situs berita amatiran ini biasanye membuat judul yang menyembunyikan informasi terpentingnya. Tujuannya agar link judul ini diklik sehingga halaman situsnya dikunjungi.

Misalnya, mereka membuat judul "Hasil Real Madrid vs Manchester City Semifinal Liga Champions 2016". Bahkan, di alinea pertama mereka menulis begini: "Hasil Liga Champions – Hasil Real Madrid vs Manchester City dalam babak semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu pada hari Kamis (5/5) ..."

Tidak disebutkan skor dan substansi hasl pertandingan. Inilah yang disebut Judul Umpan Klik (Clickbait Headline), yaitu judul-judul berita yang dimaksudkan agar diklik.
   
Contoh lainnya adalah judul "Manchester United Siap Tebus Klausul Pelepasan Bintang Ini". Alih-alih langsung menyebutkan nama bintang itu, media amatir ini menggunakan kata ganti "ini" --ciri khas judul umpan klik atau jebakan klik.

Jurnalisme Umpan Klik (Clickbait Journalism) menjadi "trend" di kalangan wartawan atau editor media online. Misi mereka membuat berita utamanya bukan untuk dibaca, tapi untuk diklik. Jadilah "click oriented" sebagai "ideologi" hampir semua media online saat ini.

Di Indonesia belum banyak yang membahas soal jurnalisme umpan klik ini. Beda dengan di luar negeri, seperti Amerika dan Inggris. Di Barat sudah banyak ulasan tentang umpan klik ini. Intinya, jurnalisme umpan klik bukan jurnalisme yang baik, bahkan "bukan karya jurnalistik".

Sebabnya, judul umpan klik lebih banyak menjebak atau menipu pembaca ketimbang. Acapkali isi berita berbeda dengan judulnya.

Jurnalisme umpan klik adalah versi baru jurnalisme kuning (yellow journalism) atau koran kuning (yellow paper).

Ulasan lengkap seputar jurnalisme umpan klik yang kini identik dengan jurnalistik online dapat disimak di Label Page Clickbait:
  1. History of Clickbait
  2. Clickbait - New Version of Yellow Journalism
  3. Clickbait Headlime Manipulates Readers
  4. Clickbait Headline is Bad for Your Site
  5. Clickbait Journalism May Not the Answer
  6. Clickbait - Changing Face of Online Journalism
Benang merah ulasan dalam link-link tentang jurnalisme umpan klik di atas adalah judul umpan klik atau jurnalisme clickbait bukan jurnalisme yang baik dan buruk bagi reputasi website.

Judul-judul umpan klik merupakan judul berita yang memanipulasi dan seringkali menipu pembaca. Orientasi media dengan judul umpan klik adalah trafik, bukan niat baik menyajikan informasi kepada publik. #BoikotMediaClickbait !!!
 
NEXT POST
Older Post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum: